Senin, 30 Mei 2022

Stasiun Kereta api Semarang Tawang

STASIUN KERETA API SEMARANG TAWANG
Bangunan bersejarah dan Cagar Budaya Nasional.
ini merupakan Bangunan yang pertama yang saya di kota Semarang.

Stasiun Kereta api Semarang Tawang.
Bangunan yang memiliki sejarah yang panjang dan menarik.
▪︎Stasiun Semarang Tawang dibangun 
oleh perusahaan kereta api swasta 
Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) 
Lokasi Stasiun Tawang cukup strategis, 
terletak di sebelah utara kawasan Kota Lama Semarang 
yang pada saat itu menjadi pusat perdagangan di Semarang..
Stasiun ini dirancang oleh arsitek Belanda Sloth Blauwboer dan 
diresmikan pada tanggal 1 Juni 1914.
Bangunan stasiun didirikan menggunakan 
konstruksi beton bertulang,
Bentuk bangunan stasiun memanjang,
terdiri atas bagian utama di tengah sebagai vocal point 
yang dibuat lebih tinggi.
Bangunan utama stasiun memiliki kubah besar 
berbentuk persegi yang atapnya ditutup dengan lapisan tembaga,
di sekeliling atap kubah terdapat jendela yang memberi pencahayaan 
dan Ventilasi udara.
Di dalam bangunan utama stasiun merupakan hall 
dengan langit-langit tinggi yang di sanggah 
oleh empat kolom utama.
Interior hall dihiasi relief perunggu karya pemahat Willem Brouwer dari Leiderdorp .
Mengagumkan,Interior sangat Indah,
Saya bersyukur masih diberi kesempatan bisa melihatnya.
Sebelumnya saya tahu kota semarang memiliki beberapa 
Bangunan Cagar budaya Nasional 
Saat ini,berada disini saya Ingin melihat Bangunan cagar budaya Nasional 
dan Cagar budaya pemerintah daerah Semarang.
Alhamdulillah ada beberapa yang bisa saya jadi bahan tulisan.

Tidak ada rencana untuk keluar kota,
tapi akhirnya pergi ke kota Semarang merupakan Ibu kota Propinsi Jawa tengah 
Pada tahun 2015 saya pernah ke kota semarang dengan teman2 
dan kami lebih ingin kuliner 🙂
Perjalanan hanya 5 jam dari Jakarta ke kota Semarang,
dengan kereta api,pada jam 12 siang saya sudah berada di kota Semarang.